Spotlights

Spotlights
  • Sistem Informasi Geografis Kelautan

    Sistem Informasi Geografis Kelautan

    Spotlight

    Sistem Informasi Geografis Kelautan (SIG) merupakan sistem terintegrasi yang didesain untuk menghasilkan, mengambil, menyimpan, menganalisis, mengatur, dan memvisualisasi seluruh jenis data spasial atau geospasial dan informasi. SIG saat ini dimanfaatkan secara luas dalam berbagai sektor dan tersedia secara personal pada komputer dan smartphone. Buku ajar Sistem Informasi Geografis Kelautan ini menyajikan secara rinci tentang dasar-dasar SIG yaitu definisi, komponen, dan unsur esensial. Buku ini juga mengulas penggunaan software dan hardware SIG seperti Pembuatan Peta Digital, Pengenalan Generic Mapping Tools (GMT), dan Bahasa Pemograman Shell atau Bash. Penyajian materi dalam buku ini didukung dengan gambar-gambar informatif, Bahasa pemograman yang sangat rinci, dan situs-situs penting untuk menunjang kegiatan belajar mahasiswa.

    Read More
  • Dusty Trail (Jejak Debu)

    Dusty Trail (Jejak Debu)

    Spotlight

    Novel ini akan membawa pembaca seolah kembali dalam kengerian masa konflik Aceh yang membuncah dan meradang di masa lalu. Perasaan getir dan takut diajak beradu dengan rasa penasaran untuk membaca cerita demi cerita yang tersusun apik. Penulis begitu lihai merangkai kata hingga pembaca bisa membayangkan setiap kejadian imajinatif seolah-olah nyata. Kisah perjalanan cinta Amra, seorang gadis Aceh dengan jurnalis asing bernama Evan menjadi sajian utama yang akan mengungkap prahara konflik. Novel ini benar-benar unik dan sangat menarik untuk dibaca. Banyak nilai moral yang bisa didapat hingga membuat pembaca tidak akan menyesal membacanya.

    Read More
  • Ekologi Karamunting

    Ekologi Karamunting

    Spotlight

    Tumbuhan karamunting (Melastoma malabathricum) tumbuh liar dan menjadi gulma perkebunan rakyat: kopi, kakao, serta kelapa sawit. Namun, suatu ketika pernah dijadikan penahan sakit sementara pada anggota badan yang terserang kalajengking. Saat ini tumbuhan Karamunting yang dikenal sebagai Anggur Kalimantan berubah fungsi sebagai tanaman obat. Tanaman buah yang kaku dan berbunga ungu mencolok tersebut mengandung senyawa golongan flavonoid, steroid, interpenoid, tannin galat, tannin katekat, kunion, termasuk juga unsur mineral. Tak heran jika karamunting mampu mengendalikan gangguan pencernaan, diare, hepatitis, keputihan (leukorea) sariawan, haid, wasir darah, pendarahan Rahim, berak darah, radang pembuluh darah dan kencing manis. Buku Ekologi Karamunting ini khususnya mengkaji Aspek Ekologi Karamunting, Perlindungan dan Konservasi serta Perkembangbiakan Karamunting. Populasi, Kelangkaan, perubahan Status Karamunting dan Revegetasi juga diulas sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman dasar untuk mahasiswa atau pembaca umum.

    Read More

Featured

Abdi A. Wahab: Pemimpin Di Dua Era

Jeliteng Pribadi
May 4, 2021

A Plate of Rice & A Pan of Pizza

Yunisrina Qismullah Yusuf
April 27, 2021

Ternak Domestikasi

Muhammad Daud
April 16, 2021

New Releases

Abdi A. Wahab: Pemimpin Di Dua Era

Jeliteng Pribadi
May 4, 2021

A Plate of Rice & A Pan of Pizza

Yunisrina Qismullah Yusuf
April 27, 2021

Buku Seri Kesehatan Mental Indonesia: Kesehatan Mental di Indonesia Saat Pandemi

Marty Mawarpury (ed), Herdiyan Maulana (ed), Maya Khairani (ed), Endang Fourianalistyawati (ed), Abilaras Cikarani (ed), Agnes Bellisa Grace Sihombing (ed), Ainiyyah Nurfath Afifah Lubis (ed), Anggun Fitriana (ed), Arief Lukman (ed), Arri Handayani (ed), Astri Nur Kusumastuti (ed), Ayu Kurnia (ed), Cut Fauziah Itqoniah (ed), Cut Rizka Aliana (ed), Dahlia (ed), Dewi Nur Ningtyas (ed), Dearisa Heditama (ed), Dian Lestari Anakaka (ed), Dian Veronika Sakti Kaloeti (ed), Dinda Anisa (ed), Dyah Ayu Mutiara Pomala Febri (ed), Eka Dian Aprilia (ed), Endang Fourianalistyawati (ed), Fairuziana Humam Hamid (ed), Farah Perwitasari (ed), Farah Salisa (ed), Fatmawati (ed), Fendy Suhariadi (ed), Fitria Rahmi (ed), Haiyun Nisa (ed), Hendro Prabowo (ed), Henny Regina Salve (ed), Herdiyan Maulana (ed), Idei Khurnia Swasti (ed), Ignasia Epifani (ed), Imadduddin (ed), Irma Auliah (ed), Isra Ajria (ed), Karjuniwati (ed), Khatijatussalihah (ed), Kholifah Umi Sholihah (ed), Lely Safrina (ed), Mariana Dinah Charlota Lerik (ed), Marty Mawarpury (ed), Maya Khairani (ed), Melok Roro Kinanti (ed), Muhammad Taufik (ed), Netrona Emran (ed), Nicholas Indra Nurpatria (ed), Nurbaiti Astuti (ed), Nurlintang Putri Ayuning Rizal (ed), Rila Rahma Mulyani (ed), Rini Sugiarti (ed), Risana Rachmatan (ed), Sang Putu Adi Sanjaya (ed), Sarah Hafiza (ed), Septian Dwi Cahyo (ed), Suci Dwi Febriyani (ed), Suryo Atmojo (ed), Tazkiya Nabila (ed), Wahyu Nurhayati (ed), Wenny Aidina (ed), Yeni Fitriani (ed), Yohanes Heri Widodo (ed), Yufi Adriani (ed), Yulia Hairina (ed), Zarina Akbar (ed), Zaujatul Amna (ed), Giri Sarana Hamiseno (ed), Kartika Sari (ed)
April 26, 2021

Ternak Domestikasi

Muhammad Daud
April 16, 2021

Syiah Kuala University Press, Unsyiah Press adalah sebuah penerbitan yang dijalankan ooleh UPT. Percetakan dan Penerbitan Universitas Syiah Kuala yang bergerak dalam bidang percetakan, penerbitan dan penjualan buku baik cetak maupun elektronik