Spotlights

Spotlights
  • Ekologi Karamunting

    Ekologi Karamunting

    Spotlight

    Tumbuhan karamunting (Melastoma malabathricum) tumbuh liar dan menjadi gulma perkebunan rakyat: kopi, kakao, serta kelapa sawit. Namun, suatu ketika pernah dijadikan penahan sakit sementara pada anggota badan yang terserang kalajengking. Saat ini tumbuhan Karamunting yang dikenal sebagai Anggur Kalimantan berubah fungsi sebagai tanaman obat. Tanaman buah yang kaku dan berbunga ungu mencolok tersebut mengandung senyawa golongan flavonoid, steroid, interpenoid, tannin galat, tannin katekat, kunion, termasuk juga unsur mineral. Tak heran jika karamunting mampu mengendalikan gangguan pencernaan, diare, hepatitis, keputihan (leukorea) sariawan, haid, wasir darah, pendarahan Rahim, berak darah, radang pembuluh darah dan kencing manis. Buku Ekologi Karamunting ini khususnya mengkaji Aspek Ekologi Karamunting, Perlindungan dan Konservasi serta Perkembangbiakan Karamunting. Populasi, Kelangkaan, perubahan Status Karamunting dan Revegetasi juga diulas sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman dasar untuk mahasiswa atau pembaca umum.

    Read More
  • Penokohan Dalam Cerita Rakyat (Perspektif Linguistik Sistemik Fungsional)

    Penokohan Dalam Cerita Rakyat (Perspektif Linguistik Sistemik Fungsional)

    Spotlight

    Buku ini membahas secara komprehensif tentang penokohan dalam cerita rakyat perspektif linguistik sistemik fungsional, dimulai dari dasar teori sampai pada praktik penerapan transitivitas dan penokohan dalam cerita rakyat. Penulisan buku ini didorong oleh keinginan untuk mengetahui dan menemukan jenis penokohan pada karya sastra dengan menggunakan pendekatan linguistik sistemik fungsional, teks akan disandingkan dengan mengungkap sistem ketransitivitas pada teknik penokohan yang membangun teks tersebut dalam memperkenalkan tokoh utama. Selama ini penelitian untuk mengetahui penokohan pada karya sastra menggunakan unsur intrinsik dan ekstrinsik sudah umum ada, namun dalam buku ini digunakan pendekatan linguistik sistemik fungsional secara sederhana dengan mudah dimengerti oleh orang awam dan berbagai pihak untuk tujuan-tujuan praktis.

    Read More
  • Metabolisme dan Bioenergetika

    Metabolisme dan Bioenergetika

    Spotlight

    Dua masalah pokok yang menjadi perhatian para pakar di bidang pengetahuan kesehatan, khususnya para dokter, adalah pemahaman terhadap kesehatan serta mempertahankannya dan pemahaman terhadap penyakit serta terapinya. Pengetahuan dan pemahaman ilmu dasar menjadi kunci sukses terhadap kedua hal diatas. Terbitnya buku ajar Metabolisme dan Bioenergetika ini menjadi sangat penting dalam upaya meningkatkan pengetahuan pada ilmu dasar yang akan berkaitan erat pada banyak ilmu kedokteran lainnya. Pemaparan yang sangat ringkas dan sistematis membuat buku ajar ini mudah dimengerti dan dipahami sebagai salah satu sumber bacaan dalam pendidikan. Tentu keterkaitan ilmu ini dengan klinis sangat erat sehingga saya yakin meskipun penulis penyampaikan buku ini dipakai pada pembelajaran blok digestif, endokrin dan metabolism dasar, namun kenyataannya hampir semua cabang ilmu kedokteran membutuhkan pemahaman dasar yang diajarkan dalam buku ini. Bukan hanya bagi mahasiswa kedokteran semata melainkan juga seluruh mahasiswa dirumpun kesehatan. Terbitnya buku ini menjadi spesial sebagai karya civitas akademika FK Unsyiah di tengah Pandemi covid-19 yang secara fisik membatasi ruang gerak kita namun secara virtual justru semakin sibuk. Mudah-mudahan ini akan memacu staf pengajar lain serta ilmuan untuk melahirkan karya yang sama dalam ranah ilmu kesehatan yang berbeda demi kejayaan Ilmu Kedokteran dan Ilmu lainnya yang signifikan.

    Read More

Featured

Abdi A. Wahab: Pemimpin Di Dua Era

Jeliteng Pribadi
May 4, 2021

A Plate of Rice & A Pan of Pizza

Yunisrina Qismullah Yusuf
April 27, 2021

Ternak Domestikasi

Muhammad Daud
April 16, 2021

New Releases

Abdi A. Wahab: Pemimpin Di Dua Era

Jeliteng Pribadi
May 4, 2021

A Plate of Rice & A Pan of Pizza

Yunisrina Qismullah Yusuf
April 27, 2021

Buku Seri Kesehatan Mental Indonesia: Kesehatan Mental di Indonesia Saat Pandemi

Marty Mawarpury (ed), Herdiyan Maulana (ed), Maya Khairani (ed), Endang Fourianalistyawati (ed), Abilaras Cikarani (ed), Agnes Bellisa Grace Sihombing (ed), Ainiyyah Nurfath Afifah Lubis (ed), Anggun Fitriana (ed), Arief Lukman (ed), Arri Handayani (ed), Astri Nur Kusumastuti (ed), Ayu Kurnia (ed), Cut Fauziah Itqoniah (ed), Cut Rizka Aliana (ed), Dahlia (ed), Dewi Nur Ningtyas (ed), Dearisa Heditama (ed), Dian Lestari Anakaka (ed), Dian Veronika Sakti Kaloeti (ed), Dinda Anisa (ed), Dyah Ayu Mutiara Pomala Febri (ed), Eka Dian Aprilia (ed), Endang Fourianalistyawati (ed), Fairuziana Humam Hamid (ed), Farah Perwitasari (ed), Farah Salisa (ed), Fatmawati (ed), Fendy Suhariadi (ed), Fitria Rahmi (ed), Haiyun Nisa (ed), Hendro Prabowo (ed), Henny Regina Salve (ed), Herdiyan Maulana (ed), Idei Khurnia Swasti (ed), Ignasia Epifani (ed), Imadduddin (ed), Irma Auliah (ed), Isra Ajria (ed), Karjuniwati (ed), Khatijatussalihah (ed), Kholifah Umi Sholihah (ed), Lely Safrina (ed), Mariana Dinah Charlota Lerik (ed), Marty Mawarpury (ed), Maya Khairani (ed), Melok Roro Kinanti (ed), Muhammad Taufik (ed), Netrona Emran (ed), Nicholas Indra Nurpatria (ed), Nurbaiti Astuti (ed), Nurlintang Putri Ayuning Rizal (ed), Rila Rahma Mulyani (ed), Rini Sugiarti (ed), Risana Rachmatan (ed), Sang Putu Adi Sanjaya (ed), Sarah Hafiza (ed), Septian Dwi Cahyo (ed), Suci Dwi Febriyani (ed), Suryo Atmojo (ed), Tazkiya Nabila (ed), Wahyu Nurhayati (ed), Wenny Aidina (ed), Yeni Fitriani (ed), Yohanes Heri Widodo (ed), Yufi Adriani (ed), Yulia Hairina (ed), Zarina Akbar (ed), Zaujatul Amna (ed), Giri Sarana Hamiseno (ed), Kartika Sari (ed)
April 26, 2021

Ternak Domestikasi

Muhammad Daud
April 16, 2021

Syiah Kuala University Press, Unsyiah Press adalah sebuah penerbitan yang dijalankan ooleh UPT. Percetakan dan Penerbitan Universitas Syiah Kuala yang bergerak dalam bidang percetakan, penerbitan dan penjualan buku baik cetak maupun elektronik